Jasa kambing aqiqah wilayah Jakarta. Daging empuk,rasa enak, memuaskan insya Allah

Hukum Aqiqah

حكم العقيقة

Hukum Aqiqah

 هناك خمسة أقوال للعلماء في حكم العقيقة، وهي: (2)ض

Ada lima ucapan ulama

القول الأوّل: إنّ العقيقة سنّة مؤكّدة، وعلى هذا القول جمهور أهل العلم، وهو أيضأً قول في المذهب الشّافعي، والمالكي، وهو أيضاً المشهور المعتمد في مذهب الحنابلة، وهو قول شيخ الإسلام ابن تيمية.

Ucapan pertama: Sesungguhnya aqiqah adalah sunnah muakkadah. Dan di atas pendapat ini jumhur ulama. Dan juga ini adalah pendapat di Mazhab Syafi’I, Maliki. Dan pendapat juga termasuk pendapat yang masyhur di Mazhab Hanbali. Dan ini adalah pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

القول الثّاني: إنّ العقيقة فرض واجب، وهو قول الظاهريّة، وابن حزم، ونقل عن بريدة بن الحصيب الأسلمي من الصّحابة، وعن أبي الزّناد، وهو أيضاً قول الحسن البصري.

Pendapat kedua, Sesungguhnya aqiqah adalah fardhu wajib. Dan ini adalah ucapan Mazhab Zhohiriyah, dan Ibnu Hazm, dan dinukilkan dari Buraidah bin Hushoib al Aslami dari golongan shahabat. Dan pendapat Abu Zinad, dan ini juga ucapan Al Hasan Al Bashri.

القول الثّالث: وهو قول الحنفيّة، وهناك اختلاف في الرّوايات في مذهبهم في حكم العقيقة.

Pendapat ketiga, adalah ucapan Mazhab Hanafiyyah. Dan di situ ada perselisihan mengenai riwayat di mazhab mereka terkait hukum aqiqah.

القول الرّابع: إنّ العقيقة واجبة في الأيّام السّبع الأولى من ولادة الطفل، فإن لم يتمّ عقّها خلال ذلك فإنّها لا تجب بعد السّبع، وهو قول الليث بن سعد، كما حكاه عنه الحافظ ابن عبد البر حيث قال: (وقال الليث بن سعد: يعقّ عن المولود في أيّام سابعه، في أيّها شاء، فإن لم تتهيّأ لهم العقيقة في سابعه فلا بأس أن يعقّ عنه بعد ذلك، وليس بواجب أن يعق عنه بعد سبعة أيّام، وكان الليث يذهب إلى أنّها واجبة في السّبعة أيّام).

Pendapat keempat: Sesungguhnya aqiqah hukumnya wajib di tujuh hari pertama dari kelahiran anak, dan jika tidak dipenuhi aqiqahnya di hari-hari tersebut maka sesungguhnya tidak diwajibkan lagi setelah hari ketujuh. Dan ini adalah pendapat Al-Laits bin Sa’ad. Sebagaimana hal ini disampaikan oleh Al-Hafiz ibnu ‘Abdil Barr. Beliau berkata: Al-Laits bin Sa’ad berkata, anak yang baru lahir di aqiqahkan dia hari hari-hari ketujuh, boleh kapan saja di tujuh hari pertama tersebut, maka jika tidak siap beraqiqah di hari ketujuh maka tidak apa-apa diaqiqahkan setelahnya. Dan tidak wajib hukumnya mengaqiqahkan setelah hari ketujuh. Jadi Laits berpendapat wajibnya aqiqah di tujuh hari (pertama itu).

القول الخامس: إنّ العقيقة تكون عن الغلام فقط دون الفتاة، ولا يُعقّ عنها، وهذا قول الحسن البصري على سبيل الوجوب، كما حكاه عنه ابن عبد البرّ، وهو قول قتادة، كما حكاه ابن المنذر عنهما، وحكاه ابن حزم عن محمد بن سيرين وأبي وائل شقيق بن سلمة، حيث نقل ابن حزم عن ابن سيرين أنّه كان لا يرى أنّ على الفتاة عقيقةً، وعن أبي وائل قال: (لا يُعقّ عن الجارية ولا كرامة).

Pendapat kelima: Sesungguhnya aqiqah hanya untuk anak kecil saja tidak yang sudah besar. Oleh karena itu yang sudah besar tidak diaqiqahkan. Dan ini adalah pendapatnya Al-Hasan Al-Bashri. Sebagaimana disebutkan oleh Ibnu ‘Abdil Barr. Dan ini juga ucapannya Qotadah sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Mundzir. Dan ini juga disebutkan oleh Ibnu Hazm dari Muhammad bin Sirin dan Abu Wa-il Syaqiq bin Salamah. Ibnu Hazm menukilkan Bahwa ibnu Sirin berpendapat anak yang sudah besar tidak lagi diaqiqahkan. Dan menukilkan ucapan Abu Wa-il: beliau berkata: Anak perempuan tidak diaqiqahkan.

Redaktur Aqiqahjakarta.com
terjemah dari sumber berbahasa arab


 

Hukum Aqiqah

Aqiqah Jakarta adalah penyedia jasa layanan aqiqah dengan jangkauan wilayah DKI Jakarta (Pusat, Selatan, Timur, Utara, Barat) termasuk Bogor, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan. Kami mulai beroperasi sejak bulan November tahun 2012, dan Alhamdulillah dengan izin Allah terus berjalan di sampai sekarang. Paket kami terdiri dari masakan kambing dan juga nasi box. Harga kambing matang antara Rp 1.000.000 (Paket Hebat) sampai Rp 2.100.000 (Paket Istimewa) dan paket nasi box adalah mulai dari Rp 9.000 per box. Anda yang membutuhkan jasa aqiqah tafadol menghubungi:

Pemesanan Aqiqah Jakarta 0857-7669-7006 dan 0812-8389-2550

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.klik di sini kirim untuk kirim pesan WhatsApp


Hukum Aqiqah

Tags: tanya jawab, rujukan

Cetak E-mail

BUKTI

Testimonial Customer Aqiqah Jakarta

Alhamdulillah,pelayanan benar-benar memuaskan, walau saya hanya pesan lewat sms tetap dilayani, terima kasih atas bantuannya menyalurkan aqiqah saya.
testimonial jasa kambing layanan jakarta depok tangerang bekasi pamulang

JUJUR

Jaminan Aqiqah Jakarta

KAMI JAMIN setiap pemesanan akan disembelihkan untuknya KAMBING YANG BARU (bukan daging sisa, daging yang dijual di pasar, atau daging stok lama)

Dengan izin Allah usaha ini terus berjalan, silakan bagi yang membutuhkan aqiqah untuk langsung menghubungi kami...